Kamis, 04 Mei 2017

Kisah Nyata Seorang ODE yang Sangat Mencintai Kopi & Teh

May 4th, Thunderstorm


Judul post-nya kocak ya? Kocakin aja deh/?

Kali ini aku mau curhat soal kehidupanku yang super berwarna karena epilepsi /nangis sambil megang piala/ /dikata award/


Sebelumnya, ada yang tau epilepsi?

Kalo gatau ya wajar sih, karena penyakit ini nggak terlalu dikenal banyak orang, dan banyak yang awam, jadi bagi kalian yang mengidap epilepsi, usahakan orang-orang di sekitar kalian (khususnya temen sekelas, dosen, guru, maupun cleaning service sekalipun/?) tau apa itu epilepsi.

Ribet bener setdah-__-

***

Penyakit epilepsi atau ayan adalah suatu kondisi yang dapat menjadikan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kerusakan atau perubahan di dalam otak diketahui sebagai penyebab pada sebagian kecil kasus epilepsi. Namun pada sebagian besar kasus yang pernah terjadi, penyebab masih belum diketahui secara pasti.


(Sumber: alodokter.com)

***

Jadi begitulah epilepsi, kejang-kejang. Kejang-kejangnya juga unik, sambil ngeluarin busa dari mulutnya :v wekekek, bisa dibayangkan seperti apa ODE (Orang Dengan Epilepsi) kalo lagi kejang. Search aja di youtube gimana bentuk kejangnya ODE o_o

Ada 2 jenis epilepsi, yaitu kejang parsial dan kejang umum. Untuk parsial... ya namanya juga parsial, "setengah" jadi nggak selalu kejang, kadang suka nge-blank gitu. Kejang parsial juga dibagi lagi, ada kejang parsial simpel sama kejang parsial kompleks. 


Perbedaan yang simpel sama kompleks:

1. Simpel: Kalau lagi kejang, nggak kehilangan kesadaran, jadi ya, selagi kejang, dia tetap sadar (nahloh/?)

2. Kompleks: Berpengaruh pada kesadaran, kalau lagi kumat ngerasa ada sesuatu yang aneh di dalam diri dia, misalnya setengah sadar atau kebingungan/?


Aku pengidap kejang parsial kompleks-____________-



Kalau umum, YA KEJANG BENERAN!!! /heboh/ (???)


Ini gejalanya:

1. Mata yang terbuka saat kejang.

2. Kejang tonik. Tubuh yang menjadi kaku selama beberapa detik. Ini bisa diikuti dengan gerakan-gerakan ritmis pada lengan dan kaki atau tidak sama sekali. Otot-otot pada tubuh terutama lengan, kaki, dan punggung berkedut.

3. Kejang atonik. Otot tubuh tiba-tiba menjadi rileks sehingga penderita jatuh tanpa kendali.

4. Kejang klonik. Gerakan menyentak ritmis yang biasanya menyerang otot leher, wajah dan lengan.

5. Penderita epilepsi kadang-kadang mengeluarkan suara-suara atau berteriak saat mengalami kejang-kejang.

6. Mengompol.

7. Kesulitan bernapas untuk beberapa saat sehingga badan terlihat pucat atau bahkan membiru.

8. Dalam sebagian kasus, kejang menyeluruh membuat penderita benar-benar tidak sadarkan diri.

9. Setelah sadar, penderita terlihat bingung selama beberapa menit atau jam.


Kalau kejang, umumnya aku mengalami gejala nomor 1, 8, sama 9. Kejang sambil melotot, keren kan :v /g


Ini kisahku sebagai ODE...

***

Aku mengidap epilepsi sejak kelas 10 SMA (tahun 2013). Gatau juga penyebabnya karena apa. Dulu aku pernah kena kanker getah bening (dan alhamdulillah sekarang udah sembuh), apa mungkin karena efek kemoterapi yang sering aku dapetin, atau karena ada penyebab lain, tidak tahu~ /nyanyi I Don't Know - Apink/(?)

Sebenernya setelah kanker itu sembuh (sekitar kelas 3 SD), aku ngerasa penyakit epilepsi itu udah ada, gejalanya ya kayak kehilangan kesadaran gitu lah/? bukan kehilangan kesadaran lalu pingsan, namun nge-blank. Maksudnya, ketika nge-blank, aku bisa diem beberapa saat, lalu di pikiranku ada kejadian-kejadian aneh/? susah jelasinnya, itu yang bikin aku gabisa curhat ke orang-orang di sekitarku, karena susah ngegambarinnya. Kalau diibaratkan, bagi kalian yang suka nonton film bergenre fantasi, dan tokoh di film itu bisa melihat kejadian di masa depan, ya mungkin aku merasa jenis nge-blank nya kayak begitu/? atau bisa juga berbentuk dejavu, tapi gaje-__-/? dan dari efek nge-blank ini, aku jadi ngantuk.

Yah... dan ketika aku kelas 10, kejadian nge-blank itu udah sering banget aku alamin, gak kayak dulu-dulu yang jarang banget datengnya/? dan pastinya itu gak baik kan buat kesehatan aku, dan keamanan, gimana kalau nanti belajar di kelas aku kumat? Ngantuk? Kelar dah idup-__-

Karena gak tahan dengan semua itu (anjaayyy), akhirnya aku curhat ke orang tuaku. Dan pas banget, beberapa lama dari hari ke hari, penyakit epilepsiku terungkap. Mulai dari sering kejang-kejang, sampe aku dibawa ke orang pinter ._. dikira aku kesurupan dan lain sebagainya-__- akhirnya sampai ke dunia medis. Dan... selamat datang epilepsi~~~ (nyindir ceritanya :v)

Dari ratusan kali kumat epilepsi yang aku alamin, dari nge-blank sampe kejang, ada beberapa kejadian spesial yang gabakal bisa dilupain /PLAK/

***

SMA

Satu
Kelas 10, aku bisa kejang 2-3 kali dalam seminggu. Di sekolah juga pernah. Sampe kakak kelasku bilang, "anak PMR kok punya penyakit", anjay, pedang goblin ada nih kak, mau hidup dalam kegelapan?-___-


Dua
Pernah juga aku kejang pas pelajaran agama Islam. PAS BANGET, dan aku kejang, di bawa ke UKS, kemudian dibacain ayat kursi sama guru agama, dikira aku kesurupan. Antara mau ketawa sama nangis astaga :'''))))


Tiga
Waktu kelas 10, aku sekolah di SMA 77 Jakarta (Cempaka Putih, Jakarta Pusat), sementara rumahku di daerah Cipayung, Jakarta Timur. Bisa dibayangkan berapa lama aku bolak-balik JakTim-JakPus yang memakan waktu lama. Apalagi kalo pulang, naik bus teje, kuatin batin, belom lagi transit naik angkot/? :''')

Aku pernah kejang mendadak di halte bus transjakarta Salemba Carolus, pas bangun, aku ngeliat orang-orang pada ngerubungin aku sambil nanya aku kenapa. Pengen jawab tapi gabisa jawab :'v dan alhamdulillah setelah itu aku dijemput, gak jadi naik bus teje deh! (?)


Empat
Ini kejadiannya pas kelas 11. Kelas lagi rame, padahal ada guru :v mendadak kejang, dan setelah kejangnya selesai, aku dibawa ke UKS. Temen-temen cowokku, Ado sama Dionisius udah bawain tandu sampe ke lantai 2, eh gataunya aku udah dibopong sama temenku yang lain, Rindi dan Sholiha, wuehehehe :v

Pas dibawa ke UKS, aku mendadak bangun dengan setengah sadar dan ngikutin Sholiha yang mau beli minuman. Sholiha ngeliat aku, dan dengan keadaan setengah sadar itu, aku ngomong "kenapa?" -___- untung cuma Sholiha yang liat :'v


Lima
Kejadian yang satu ini berlangsung ketika sedang "berlibur" dalam rangka menunggu kakak-kakak kelas yang lagi numpang di kelas para adek kelas mereka untuk melalukan Ujian Akhir Nasional/?

Aku main di rumah sepupuku. Awalnya aku biasa aja, gak kenapa-kenapa. Malah aku masih sempet main sama adek dan sepupuku. Tapi malemnya... pas mau pulang, tau-tau aku pingsan .-. nggak kejang sih. Gak sadar sama sekali sumpah dah, tau-tau aku udah ada di tempat tidur. Abis itu langsung pulang deh. Itu pun pas mau keluar rumah, aku masih dalem keadaan setengah sadar. Aku baru sadar pas udah naik mobil/? -,-



Kuliah

Pas masa-masa kuliah, aku nggak terlalu banyak kejang, tapi banyak nge-blank nya-___- ada beberapa kejadian rese di masa-masa kuliah ini.


Satu
Ini kejadian waktu masih semester 1. Aku lagi di kelas ngobrol sama temen-temenku, Deby dan Maryati. Kebetulan pas itu dosennya gak dateng, jadi gabut banget. Lagi asyik ngobrol, gataunya... kejang kuliah perdana terjadi! :v /g 

Maryati yang udah kenal sama mamaku langsung hubungin mamaku, dan akhirnya aku dijemput pulang. Tapi kocaknya, abis itu aku nggak ngerasa ngantuk, malah hepi lagi. Ka-ching ka-ching~~~ /nyanyi/ (apa hubungannya/?)


Dua
Ini juga kejang, dan dahsyat kejadiannya! Aku pulang kuliah dijemput papaku, dan pulangnya malem. Di tengah jalan, aku ngerasa nge-blank, dan akhirnya, dunia menjadi gelap~~~ /? (pulangnya naik motor lho, gabisa dibayangkan gimana aku jatoh dari motor :v)

Dan kejadiannya sama kayak kejadian "satu", sampe rumah udah hepi lagi :v


Tiga
Kalo yang ini cuma nge-blank biasa, tapi menghasilkan kantuk yang menyebalkan-__-

Aku ngalamin kumat ini pas lagi ngikutin mata kuliah Perkembangan Masyarakat dan Kesenian Indonesia. Dosen matkul ini rada bikin ngantuk(....) aku tengok kanan tengok kiri, temen-temenku pada lemes semua, mana udah siang pula. Ada yang sampe tidur beneran :v aku sih biasa aja, tapi beberapa lama kemudian... aku kumat dan abis itu ngantuk berat~~~ Aku sampe minjem cermin temenku buat ngeliat mata, keliatan kriyep-kriyep atau nggak/? -____-

***

Cuma segitu aja yang bisa aku ceritain. Sebenernya masih BANYAK~~~ tapi aku gabisa ceritain semuanya, karena kadang aku kumat di saat moment yang kurang "penting", jadi suka lupa kejadiannya gimana/? -,-


Yang lagi UN, semangat! Yang lagi SBMPTN, semangat! Dan yang lagi ngerjain skripsi, semangat! Semangat! Semangat! Semangat!

DADAHHHH~~~



[MV] I.O.I(아이오아이) _ Dream Girls(드림걸스)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar