Rabu, 09 Maret 2016

GERHANA MATAHARI!

Hai semuaaa!!! Aku balik lagi hihihi.... 090316. Hari Raya Nyepi + ultah Taeyeon SNSD + ultah Suga BTS

Dan....

Gerhana matahari.

Yeay, di tahun 2016 ini, gerhana matahari terjadi lagi, setelah tahun 1983 yang lalu telah terjadi gerhana matahari juga/?

Tapi di daerah rumahku gerhana mataharinya kurang greget, aku gak puas:( tapi gapapa lah, aku bisa liat berita di TV :v

------------------------

Gerhana matahari itu apa sih?



Gerhana matahari merupakan fenomena yang terjadi saat matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis lurus. Karena terhalang bulan, cahaya matahari tidak dapat bersinar sampai ke bumi. Saat bulan berada tepat di tengah matahari, matahari jadi terlihat seperti separuh cincin cahaya. Kita menyebutnya "gerhana matahari cincin", jika hanya tertutup seluruhnya disebut "gerhana matahari total".

Oh... jadi ceritanya bulan, bumi, sama matahari reunian gitu/? ah, arraseo/? /apaandah/-_-

---------------------

Fakta gerhana matahari 2016

1. Hanya terjadi di Indonesia
Gerhana matahari yang terjadi pada 9 Maret 2016, bertepatan dengan ritual Nyepi umat Hindu di Bali yang jatuh pada bulan baru. Kala itu bayangan bulan meliputi area seluas 100-150 km, hanya di 11 provinsi. Wilayah Indonesia lainnya akan mengalami gerhana sebagian (heleh :<)

Penduduk di 11 provinsi berpeluang melihat matahari yang gelap gulita. Apalagi kejadiannya pada pagi hari, ketika potensi mendung berkurang.

Warga di wilayah Indonesia barat bisa menyaksikan fenomena tersebut pada pukul 08:30 WIB, sementara di bagian tengah nusantara pada pukul 08:35 WITA, dan wilayah timur pada pukul 09:50 WIT.


2. Yang Pertama di RI pada Abad ke-21
Peristiwa gerhana matahari total bukan kali pertamanya terjadi di Indonesia. Fenomena itu pernah ada pada tahun 1983, 1988, dan 1995 (Victoria f(x) sama Namjoo Apink udah lahir, tapi aku belum lahir :( ) (?)

Gerhana matahari total 2016 adalah yang pertama kali terjadi pada abad ke-21 di Indonesia. Gerhana matahari berikutnya ada terjadi di Indonesia pada 2019 yakni gerhana matahari cincin. Sementara gerhana matahari total berikutnya baru melintas di wilayah nusantara pada 20 April 2023 (aku masih jadi kpoper gak ya :v)

Ini gerhana matahari cincin


3. 300 Tahun Sekali
Gerhana matahari total adalah peristiwa langka. Tak diketahui periode pasti fenomena tersebut akan terjadi dan berulang di satu daerah. Hanya ada hubungan 18-19 tahun, sesuai dengan periode Saros atau siklus gerhana. Namun jalurnya berbeda.

Berdasarkan perhitungan kasar, gerhana matahari total akan terjadi sekitar 300 bulan sekali di satu daerah (ya ampun lama bener)--_--

Wilayah Sumatera Selatan dan Bangka termasuk yang sungguh beruntung. Kejadian terakhir pada 1988 dan berulang pada 2016, jadi hanya 28 tahun. Masih beruntung. Di daerah lain 300 tahun.


4. Menguji Teori Einstein
Gerhana matahari total yang terjadi di Indonesia pada 9 Maret 2016 juga menjadi perhatian ilmuwan dunia. Para ilmuwan Lapan akan berkolaborasi dengan para ahli asing, termasuk dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Fenomena gerhana matahari total adalah kesempatan bagi para peneliti untuk melakukan sejumlah riset: terkait fisika matahari maupun fisika umum. Pun kajian dampak dan keantariksaan. Juga sering dijadikan pembuktian teori relativitas Einstein. Bahwa suatu benda bisa membelokkan cahaya. Ketika gerhana matahari, saat sang surya ditutup, bintang-bintang di sekitar matahari sedikit bergeser.


5. Bukan Fenomena Berbahaya
Gerhana matahari total adalah fenomena yang luar biasa. Bukan peristiwa penuh marabahaya. Pada saat gerhana sebagian, secara refleks mata sudah merasa silau.

Pada saat gerhana total, justru paling bagus melihat bagus. Tanpa kacamata, tak perlu pakai filter. Asal berhati-hati. Yang paling riskan adalah perlahan fase total ke fase sebagian, saat bulan mulai bergeser, cahaya matahari yang walau baru muncul sedikit sudah sangat kuat. Padahal, pupil mata kita sedang membesar. Hal itu bisa merusak retina.

-------------------------------

Gerhana matahari 2016


Peta gerhana matahari 2016


Peta gerhana matahari 2016 di Indonesia


(Artikel dan gambar dikutip dari beberapa sumber)


---------------------


Nah, sekarang aku mau curhat soal gerhana matahari versi aku (?)

Jadi, tadi pagi, aku lagi asyik mimpiin Suzy lagi jalan-jalan di taman, tau-tau ada suara mamaku, ngebangunin aku, heleeehhh, padahal lagi asyik tuh :( wkwkwk, langsung lah, diingetin soal gerhana matahari, aku baper. Soalnya di MV What is Love - EXO, ada adegan terjadinya gerhana matahari. Dan pas era MAMA kan EXO masih OT12 (ya iyalah orang baru debut-__-) HHHHHH BAPER ABISSSS!!!!

Sambil nunggu gerhana, aku main instagram, ehhh, timeline instagram-ku penuh dengan kegalauan EXO-L karena gerhana matahari xD aku nge-follow banyak akun meme comic EXO di instagram, makanya banyak banget lawakan di timeline instagram-ku/? Yaudah tuh, pada bikin meme comic tentang gerhana sama MV What is Love, tambah baper coeg --_--

Mana pas itu aku lagi pake t-shirt SPAO Baekhyun, EXO-L akut ckck :v

Ini beberapa meme comic tentang gerhana matahari + MV What is Love yang aku capture dan aku crop dan instagram (watermark-nya gak aku hapus kok kkkkk)



Meme comic yang ini aku jadiin DP BBM hehe xD


Bener banget nih :v


V sedang belajar tentang astronomi/?


ADUHHH... Udah deh kalo belajar geografi, nemu ginian, kelar dah :')


BHAK :v


EXO bulan ini atau April kalo gak salah, pokoknya dalam waktu dekat ini lah/? mau comeback. Wah pas banget ya .-.


Penasaran vs Kebaperan xD


Itungannya leh uga -_,-


Hasil capture-an MV What is Love dari youtube di HP ku/? abaikan easy touch nya ya :v


Tadi temenku ngirim ini ke grup kelasku, kkkkkk, jadi terharu :')


--------------------------------

Ini MV What is Love...

What is Love - EXO K



Sebenernya di MV Miracles in December juga ada adegan gerhana, tapi gerhana bulan.....

Miracles in December - EXO




Yap, cukup sekian dari aku/? selamat menikmati liburannya yaaa~~~
Buat yang lagi ujian sekolah, FIGHTING!!!!

Byeeeee~~~~~^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar