Senin, 26 Agustus 2024

Kartun Favoritku! (Part 1)


August 26th, Partly Cloudy


Hai semua, kawan-kawan pembaca setia apinkazalea.blogspot.com! Bagaimana kabarnya hari ini? Ada yang lelah sehabis pulang bekerja? Atau lagi happy karena baru abis gajian (apaan weh masih tanggal tua udah gajian *krik*)? Huehehehe, maaf semua ... yah, semoga semuanya baik-baik saja, dan tetap waspada dengan negara tercinta kita ini yang sedang dalam "Peringatan Darurat". Hiiiiiiii *merinding*.


Kali ini aku mau ngebahas satu persatu kartun yang suka aku tonton semasa kecil (atau mungkin sampai sekarang). Aku terinspirasi buat postingan ini dari channel youtube Ngelantur Indonesia milik Timothy Fidealo. Dia memang hobi bikin review film-film gitu, deh. Pas aku baca judul video terbarunya, ChalkZone versi live action, what? Maksudnya? Tokoh yang ada si Rudy Tabooti itu dijadiin live action? Heran deh jaman sekarang apa-apa di live action-in.

Eh ... setelah aku nonton videonya, bukan ChalkZone yang mau dia bahas, tapi film Harold and the Purple Crayon! Ah elah, udah kaget aku wkwkwk. Tapi sebenernya konsep ceritanya agak sama sih, si tokoh utama punya alat tulis, yang satunya kapur dan satunya lagi krayon, terus pas menggambar pakai alat tulis tersebut, gambarnya berubah jadi nyata. Tapi, ada perbedaannya.

Tonton aja video ini kalau mau tau apa perbedaannya. Kalau aku jelasin lewat tulisan di sini, kartun favorit yang mau aku bahas nanti nggak kebagian tempat. Weks.


KAUM GLOBAL TV SEBELOM SEKOLAH MERAPAT‼️🙌 | REVIEW NON SPOILER "HAROLD AND THE PURPLE CRAYON" (2024)

From: Ngelantur Indonesia


Hahaha, apa aja tuh bedanya, kawan?

Oke, sekarang, aku mau bahas apa aja kartun favoritku semasa kecil dan sebagian kenangannya masih membekas di ingatanku~

***

1. SpongeBob SquarePants (1999, Nickelodeon)


Waahhhh, sebagian besar warga negara ini, maksudku, warga dunia ini, pasti nggak asing sama kartun yang satu ini. Nggak nonton kartunnya, minimal tau lah sama tokoh-tokoh kartunnya. Ada SpongeBob si Periang, Patrick si Pemalas, Squidward si Jutek, Tuan Krab si Mata Duitan, Plankton si Iri Hati, dan banyak lagi tokoh-tokoh dengan sifat ngeselin di kartun SpongeBob SquarePants. Meskipun begitu, tetep aja banyak yang suka nonton, apalagi sampe ngebahas hal-hal aneh yang terjadi di beberapa episode, misalnya kenapa ada pantai di dalam laut, kenapa ada ikan yang tenggelam nggak bisa berenang, kenapa ada burung di dalem ruangan Tuan Krab, kenapa SpongeBob dan Patrick bisa nyalain api unggun padahal mereka tinggal di dalam laut, dan movie mistakes lainnya.

Theme song dari kartun ini pasti juga kalian ketahui, kan? Meskipun nggak terlalu ngeh sama lirik lagunya, minimal kalian hafal sama nadanya.

"SpongeBob SquarePants" Theme Song (NEW HD) | Episode Opening Credits | Nick Animation
From: Nicktoons

Who ... lives in a pineapple under the sea?
Spongebob Squarepants!
Absorbent and yellow and porous is he!
Spongebob Squarepants!
If nautical nonsense be something you wish,
Spongebob Squarepants!
Then drop on the deck and flop like a fish!
Spongebob Squarepants!


Siapa yang bacanya sambil bernada? Wkwkwkwk :p

SpongeBob SquarePants ini juga ada versi full movie-nya, aku udah pernah nonton meskipun lupa alur ceritanya gimana. Seingetku, pokoknya si SpongeBob sama Patrick di bagian ending berencana buat "dikeringin" sama seseorang, mungkin penjual merchandise, oleh-oleh ala lautan, terus mereka berdua mengering, tapi akhirnya semua itu hancur karena adanya suatu keajaiban. Eaaaaa~~~ xD


2. Avatar: The Legend of Aang (2005, Nickelodeon)


Air, tanah, api, dan udara
Dahulu keempat negara hidup dengan damai
Namun semuanya berubah saat negara api menyerang
Hanya Avatar yang mampu mengendalikan keempat elemen yang dapat menghentikannya
Namun, saat dunia membutuhkannya, dia menghilang

Beratus tahun kemudian, aku dan kakakku menemukan seorang Avatar muda yang baru
Seorang pengendali udara bernama Aang
Walaupun ilmu pengendalian udaranya sangat bagus, namun dia masih butuh banyak waktu untuk bisa menguasai semuanya
Tapi aku yakin, Aang dapat menyelamatkan dunia


Ey, siapa yang bacanya sambil pake nada, tapi bukan nyanyi? Hayo ngaku! Hahahaha!

Kalimat tersebut adalah narasi dari Katara, salah satu tokoh di kartun Avatar: The Legend of Aang. Meskipun kartun ini terkesan action, banyak tantangan, juga perjuangan, tapi segi komedinya juga ada. Sepertinya, kalau kartun pada umumnya menggunakan opening dengan theme song, Avatar: The Legend of Aang menggunakan suara narasi.


Meskipun aku adalah pecinta princess-princessan, aku juga suka nonton film model beginian, kok. Beneran deh!

Adegan yang aku ingat ... ketika Katara dan Toph sempet berantem, terus Sokka berencana buat mendamaikan mereka. Dia nulis surat, tapi ditulisnya kalau surat itu dari Toph, terus dia kasih ke Katara. Katara langsung ngamuk dan menyalahkan Sokka, karena dia tau kalau surat itu pasti buatan Sokka, bukan Toph. Buat kalian yang dulu juga suka nonton Avatar, mungkin kalian ingat kalau tokoh Toph, si pengendali tanah yang hebat itu, dia tunanetra alias buta.


"I know this is from you, Sokka! Toph can't write!"
-Katara


Yah, mau buat damai malah gagal deh-___-


3. ChalkZone (2002, Nickelodeon)


Rudy's got the chalk ....


Hayo, siapa yang bacanya sambil bernada lagi?

Kartun ini menceritakan tentang seorang anak bernama Rudy Tabootie yang memiliki kapur ajaib. Dia bisa menerobos masuk ke Zona Kapur atau Dunia Kapur dengan cara membuat lingkaran di papan tulis, lalu lingkaran itu bolong, menghantarkan jalan masuk ke Dunia Kapur itu. Dia juga punya teman dekat bernama Penny yang mengetahui adanya Dunia Kapur tersebut.

Di Dunia Kapur, Rudy bisa menggambar sesuatu dengan kapur ajaibnya, lalu gambar yang dia buat menjadi nyata! Misalnya dia gambar segelas milkshake cokelat, pas gambarnya udah selesai, jadi nyata, deh! Tapi hal itu cuma bisa dia lakukan di Dunia Kapur, karena memang di situlah tempatnya.

"Chalkzone" Theme Song (HQ) | Episode Opening Credits | Nick Animation
From: Nicktoons

Nada yang sangat familiar bagi Gen Z awal. Setiap mau berangkat sekolah, nyalain TV, ada kartun ini, tonton aja dulu. Hehehehe.


4. The Fairly OddParents (2001, Nickelodeon)


Ada yang tau kartun ini? Tentang seorang anak bernama Timmy Turner yang seringkali dapat bully-an. Mau itu di sekolah, lingkungan sekitar, bahkan sampai pengasuhnya juga suka bully dia. Tapi di balik semua "penderitaannya" itu, dia memiliki dua peri pelindung. Mereka adalah Cosmo dan Wanda. Sepasang suami istri berwujud peri yang sudah menjadi teman dekat Timmy dan dapat mengabulkan segala permintaan Timmy.

Fairly OddParents | Theme Song | Nick
From: Nickelodeon

Timmy is an average kid
That no one understands
Mom and Dad and Vicky always giving him commands
(Bed, twerp!)

Doom and gloom up in his room
Is broken instantly
By his magic little fish who grant his every wish
Cuz in reality they are his Odd Parents, Fairly Odd Parents
Wands and wings
Floaty crowny things

Odd Parents, Fairly Odd Parents
Really odd, pea pod, buff bod, hot rod

Obtuse, rubber goose
Green moose, guave juice
Giant snake, birthday cake
Large fries, chocolate shake!

Odd Parents, Fairly Odd Parents,
It flips your lid when you are the kid
With Fairly Odd Parents

Yeah right!


Aku heran sama Vicky, pengasuhnya si Timmy, bajunya dia kekurangan bahan atau gimana, sih? Masa bagian perutnya keliatan? Ya maklum aja sih, budaya barat emang begitu. Ngeri ngeri sedap (ups).


5. Blue's Clues and You (2019, Nickelodeon)


Kalau yang ini jenis kartunnya adalah kartun edukasi! Maksudnya apa? Maksudnya, tokoh yang ada di kartun itu punya interaksi sama penonton, dan suka nanya-nanya ke penonton. Misalnya si tokoh nanya, "Apakah kalian melihat bola?" dan ternyata ada bola di belakang si tokoh. Otomatis, kita yang dulunya masih bocah, suka jawab, ngomong sendiri. Hihihihi.

Blue's Clues and You menceritakan tentang seorang pemuda bernama Josh yang hidup di sebuah rumah bersama anjing peliharannya, Blue. Terkadang, Blue suka ngasih petunjuk ke Josh dan para penonton agar mereka tahu apa yang sedang Blue inginkan. Blue menandakan suatu benda dengan jejak kakinya (paw print), lalu benda itu digambar oleh Josh di handy dandy notebook-nya.

Salah satu episode ada yang menayangkan tentang ulang tahunnya Blue. Nah, Blue pengen hadiah apa tuh buat ulang tahunnya, ternyata dia ngajak Josh dan para penonton buat main "Blue's Clues". Blue ngasih tanda paw di kolam ikan kecil, cat warna hijau, dan tempurung. Setelah 3 petunjuk selesai digambar oleh Josh, Josh pun berpikir di sebuah kursi khususnya atau biasa disebut "Thinking Chair". Josh mikir ... apa yah hubungannya warna hijau, kolam kecil, dan tempurung ... setelah mikir, dia pun sadar kalau ternyata Blue pengen kura-kura yang dipelihara di dalam kolam kecil. Gitu, lho!

Sebenarnya ada satu lagi kartun Blue's Clues yang lebih awal rilisnya dari versi 2019, tapi tokohnya beda, yaitu Steve. Waktu masih kecil, jaman TK, aku sukanya nonton yang versi Steve (ya iyalah, kalau 2019 mah aku udah kuliah). Menurutku, ada perbedaan antara versi Steve dan Josh. Kalau Steve pakai baju hijau, Josh pakai baju biru. Versi Josh pun juga keliatan lebih 3D daripada versi Steve yang masih 2D sederhana.

Steve akhirnya pergi, belajar ke sebuah universitas berasrama, yang mengharuskan dia berpisah dari Blue. Coba aja kalian cari-cari di youtube, pasti kebanyakan yang nongol versi Josh, tapi ada juga kok episode pas Josh nyeritain bagaimana persiapan Steve buat berangkat ke universitas.


Siapa yang suka nonton kartun ini, tapi versi Steve? Yuk nostalgia bareng! xD

***

Waelah, produksinya dari Nickelodeon semua, ya? Tenang, kawan. Ini baru part 1, belum ada part 2 dan 3. Masih banyak kartun yang pengen aku bahas, tapi di postingan selanjutnya. Karena sekarang udah malem, saatnya tidur.


Good night, everyone~



Sumber gambar
  • https://encrypted-tbn0.gstatic.com/
  • https://cdn0-production-images-kly.akamaized.net/
  • https://static.wikia.nocookie.net/
  • https://resizing.flixster.com/
  • https://m.media-amazon.com/
  • https://media.tenor.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar